26.5.10

Touchpad mouse in Ubuntu - Lenovo G430

Berawal dari keinginan untuk menggunakan sofware halal (yg bukan baj*** ) secara totalitas, saya memaksa diri untuk terbiasa menggunakan linux. Alhamdulillah sekarang mulai terbiasa.

Setelah gonta ganti distro akhirnya saya melabuhkan hati pada sabily yang merupakan turunan dari ubuntu. Syukur alhamdulillah open office calc nya ternyata sudah sama dukungan banyak row-nya seperti excel 2007. E..e...e.. ini kan mau bahas touchpad koq jadi ngelantur ^^.

Kembali ke touchpad mouse. Waktu saya install sabily di laptop lenovo G430, secara default touchpad-nya gak jalan, dulu gak difikirin karena masih bisa pake usb-mouse. Lama2 penasaran juga pokoknya pengen bisa jalan nih touchpad mouse di linux.

Setelah baca forum katanya jalan termudah adalah dengan menekan kombinasi tombol Fn-F8 dua kali (untuk laptop lain mungkin kombinasi ini berbeda, yang perlu diperhatikan adalah cari lambang touchpad pada deretan F1 s.d. F12).

Penasaran dengan cara yang ini lalu saya coba ternyata touchpad tetep gak jalan. Masih penasaran akhirnya saya menginstall ubuntu 10.04 LTS dan kembali mempraktekan tips tadi. Alhamdulillah bisa. Tapi kenapa ya di Sabily 9.10 koq g bisa?

Biarin lah, akhirnya saya tetep pake Ubuntu 10.04 LTS. Untuk aplikasi islamic nya ya konfigurasi sendiri. ntar kalo lg dong insyaAllah saya akan berbagi pengalaman menginstall zekr dan aplikasi islami lainnya di ubuntu lucid.

-- pengalaman adalah guru yang terbaik, yuk qt berbagi pengalaman --

No comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...