19.8.14

Solusi: Lokasi Database e-SPT PPN di Windows Vista atau Windows 7

Berawal dari adanya masalah pada aplikasi e-SPT atau bahkan masalah pada  laptop/PC/Komputer yang mau di install ulang, kita tentu ingin melakukan backup data. seperti data pelaporan PPN 1111 yang menggunakan aplikasi e-SPT. Lumayan kan kalo input ulang lagi faktur pajak misalnya saat mau melakukan pembetulan. 

Normalnya, defaultnya, atau biasanya, whatever lah istilah lain yang sejenis dan semisalnya he..he... lokasi database PPN 1111 adalah di "C:\Program Files\DJP\e-SPT PPN 1111\DB". Tapi ternyata tidak selalu demikian. Seperti yang saya dan beberapa teman alami pada windows vista atau windows 7. Karena database yang berlokasi di   "C:\Program Files\DJP\e-SPT PPN 1111\DB" pada Windows Vista / Windows 7 datanya masih kosong. Data perekaman kita nggak ada sama sekali. 

Lalu, dimana lokasi database PPN 1111 pada windows Vista, Windows 7?

Nah, berdasarkan petunjuk pada Usaer Manual eSPT PPN 1111 v.100, halaman 12 (hayo jangan2 gak tahu ada user manual ini ya :)), bahwa "Untuk Windows 7, jika aplikasi diinstall di C maka database yang tersimpan di folder db akan dijumpai kosong (hanya sebagai shortcut). Untuk mendapatkan file asli yang menyimpan data-data transaksi yang telah diinput klik tombol compatibility files di eksplorer.
(C:\Users\user\AppData\Local\VirtualStore\Program Files\DJP\eSPT PPN 1111\db"

Tapi setelah coba copy paste alamat tersebut ke start windows ataupun pada Run, ternyata muncul error Windows cannot find ......dst. Wah gimana ini? 

Tenang ternyata ada cara lain, caranya adalah klik start atau tekan kombinasi tombol Windows+R, lalu copy paste baris berikut :

"%localappdata%\virtualstore\program files\djp\"

Akan muncul windows explorer, nah tinggal masuk deh ke eSPT PPN 1111\db.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...