22.11.08

Instalasi Wordpress dan CMS lainnya di Intranet

Pe eR ini sebenarnya sudah lama, Sejak hari Ahad tanggal 28 September 2008 oleh temen maya prasetyaningyudi yang katanya "bingung mas kalo pake wordpress buat intranet antar jaringan bagaiamana caranya mas". Sebenarnya WordPress itu sama dengan Joomla dalam hal sama-sama CMS alias Content Management System. Ada banyak CMS lain yang bisa jadi pilihan yaitu PPHnuke, PostNUke, Drupal, etc.

Jadi sama saja mau menggunakan CMS manapun cara instalasinya seperti yang pada potingan sebelumnya. Intinya ketika akan melakukan instalasi CMS pastikan hal-hal berikut:
  1. WebServer Anda sudah aktif atau berjalan dengan baik, ada beberapa pilihan Webserver yang menurut ane mudah digunakan, ada wampserver, xampp (Windows) atau lamp (Unix/inux).
  2. Pastikan juga kita telah membuat database untuk database CMS, (gunakan phpmyadmin biar lebih mudah).
  3. Konfigurasi pada php.ini telah sesuai dengan yang diperlukan oleh CMS, biasanya pada halaman awal instalasi ada "peringatan" jika configurasi tidak sesuai kebutuhan CMS. Konfigurasi ini berbeda-beda pada setiap CMS, biasanya menyangkut "register gobal" dan "display error".
Nah kalo sudah terpenuhi, InsyaAllah proses instalasi dapat diakukan dengan lancar. Selamat berlatih dan belajar...SEMANGAT

2 comments :

Unknown said...

hya brur thanks infonya
byme

admin said...

hemmm... selain joomla, aku dulu pernah nginstal mambo juga tapi mumet kalo mo bikin module baru, biasanya module yang ada kodingannya takotak-atik, lama2 bosen juga mempelajari kodingan orang lain mending bikin sendiri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...