19.10.08

Perbaikan Kecil Memori Komputer

Jika komputer Anda tibat-tiba berbunyi keras semisal tit.....tit.....tit.... alias speaker pcnya bersuara pertanda error. Ini biasanya ada bagian hardware yang bermasalah. Salah satunya yang sering penulis dapati adalah memori yang bermasalah. Biasanya memori yang sudah rusak, atau kurang pas pemasangannya.

Coba matikan komputer Anda dengan menekan tombol power agak lama. Lepaskan semua kontak yang berhubungan dengan listrik. Buka penutup PC Anda. Jika Anda tidak memiliki gelang pengaman pegang CPU sekitar 10 detik. Hal ini untuk menghindari listrik statis dari tubuh kita ke perangkat komputer di dalam PC sehingga tidak merusaknya. Setelah itu buka pengunci memori, lepaskan dan cabut memorinya.

Perbaikan kecil ini tampaknya sepele namun penulis sudah beberapa kali mempraktekannya ternyata cukup membantu. Yaitu menggunakan penghapu. Penghapus? Apa hubungannya penghapus dengan perbaikan memori?

Begini, bagian memori yang akan kita bersihkan adalah pada pin atau kakiya yang berwarna keemasan, gunakanlah penghapus (penghapus apa saja asal yang terbuat dari karet..) untuk membersihkan bagian tersebut. Hal ini bertujuan menghilangkan debu yang melekat. Ingat bersihkan kakinya saja, tentu dengan hati-hati. Lakukan utuk kedua sisi kakinya. Jika Anda sudah merasa cuku, pasang kembali memori tersebut. Lalu coba hidupkan kembali komputer. Semoga Berhasil.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...