17.4.09

Solusi koneksi ODBC "error code 126"

Beberapa hari kemarin saat menggunakan aplikasi profile WP yg berbasis access dan excel, di kompi saya muncul error "The setup routines for the Microsoft Access Driver(*.mdb, *.acddb) could not be loaded due to system error code 126". hu..hu..hu.. padahal seingat saya nggak pernah ngotak-ngatik setting ODBC.

Sempat terpikir untuk install ulang office bahkan OS, (ampun...koq saya sampe segitunya). Namun sang sabar berbisik "jangan menyerah, coba teliti dulu mungkin benar ada setting ODBC yg error". Dan setelah googling alhamdulillah ketemu deh solusinya. Menurut situs dukungan mikocok, ternyata error tadi bisa disebabkan oleh dua kemungkinan:
  • Kesalahan setting registry pada komponen MDAC
  • file-file .dll yang tidak kompatibel
Masalah tersebut biasanya muncul akibat instalasi program aplikasi yang menyebabkan perubahan setting registry pada Driver ODBC atau menimpa beberapa file .dll dengan versi yang tidak sesuai (tidak kompatibel). Pada kasus saya ini, yg error adalah koneksi ODBC Microsoft Access Driver(*.mdb, *.acddb). Error lain yang mungkin adalah pada driver "SQL Server," dan "Microsoft ODBC for Oracle ODBC driver."

Solusi untuk kasus ini adalah dengan mengedit setting registry, meski berbahaya namun dengan mengikuti prosedur yang ada insyaAllah terselesaikan (Percaya Allah deh...)

Udah siap?? yuk mulai langkah-langkah perbaikan registry-nya:

  1. Buka Start pilih Run, ketikan regedt32.exe,
  2. Caril lokasi registry berikut:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\ODBC\ODBCINST.INI
    Informasi instalasi untuk ODBC tersimpan pada lokasi ini. Pastikan semua driver ODBC terletak pada folder yang benar/ yang seharusnya. Sebagai contoh, registry pada Microsoft Access ODBC driver:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\ODBC\ODBCINST.INI\Microsoft Access Driver (*.mdb)

    Driver = C:\WINNT\System\Odbcjt32.dll
    Setup = C:\WINNT\System\Odbcjt32.dll

    Hal ini akan menyebabkan error jika ternyata letak file "Odbcjt32.dll" ada di folder C:\WINNT\System32 folder. Untuk memperbaikinya ubah setting alamat registry diatas ke C:\WINNT\System32\odbcjt32.dll, lakukan hal yg sama pada entry file Odbcinst.ini.

  3. Langkah2 pada angka (2) diatas dapat dilakukan sama jika terjadi error pada driver "SQL Server," dan "Microsoft ODBC for Oracle ODBC driver."
Untuk kasus yg saya hadapi, ternyata setting, "Driver dan Setup" Microsoft Access Driver(*.mdb, *.acddb) pada registry mengarah ke drive D:\ , -- waduh darimana nih settingan, mungkin pas dulu install taxfinder kali yak --.

Lalu saya ubah D:\ dengan C:\, dan alhamdulillah aplikasi pembuatan profile bisa berjalan lancar.

Semoga bisa membantu temen2 yg memiliki masalah yg sama.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...