31.8.08

Web Site di Intranet dengan CMS Joomla (1)

Tulisan ini mungkin sudah banyak dibuat oleh para admin dan para expert dibudaangnya. Namun ane pengen mencoba memfasilitasi temen-temen yang banyak menanyakan mengenai website di lingkungan intranet. Hal ini berawal ketika ane mulai menapaki dunia kerja. Mulai di iseng membuat web local, hingga diminta untuk membuat web portal yang lebih serius...walapun kalo menurut ane sich masih amatiran...he..he...(bagi yang menemukan kesalahan istilah di tutorial ini boleh langsung mengirimkan komentar atau email ke aruhadi@gmail.com)

Oke deh kita mulai tutorialnya...

Pertama tama yang musti kita persiapkan tentunya komputer donk...kayaknya kalo masalah spek sekarang jarang yang dibawah pentium III. Jadi gak usah khawatir dengan istilah lemot (kecuali ada virusnya....).

Yang kedua adalah sofware webserver. Saat ini banyak sofware yang free to use untuk digunakan sebagai webserver misalnya WampServer, Xampp dan paket lainnya seperti JSAS yang khusus untuk joomla.

Kemudahan menggunakan sofware ini adalah telah adanya fitur2 yang memang diperlukan untuk mengelola dan memparser website (dalam hal ini yang berbasis PHP). Misalnya telah adanya aplikasi server Apache untuk memparser halaman web, dan phpmyadmin untuk mengelola database.

Ketiga adalah web browser bisa ie, firefox, opera ataupun yang lainnya.

Keempat adalah CMS atau Content Management System. Dalam hal ini ane menggunakan CMS joomla. Mengapa joomla? Sebab Joomla memiliki komunitas yang banyak meski dalam perkembangannya kadang sedikit tersendat-sendat namun CMS ini masih bisa dikatakan powerfull dan mudah dalam pengelolaanya.

Baiklah jika sudah siap, kita sekarang menuju ke tahap instalasi.

Install webserver seperti xampp atau wampserver atau yang sejenisnya. (ane menggunakan xampp ...he..he.. bukan promosi lho).

Buka browser anda.. test dengan mengetik localhost.. jika berhasil akan muncul halaman dari webserver anda. Sekarang kita masuk tahap selanjutnya instalasi CMS. Ingat ya ini di INTRANET.

Jika menggunakan wamp anda tinggal mem-paste file2 CMS ke folder www. Sedangkan jika menggunakan xampp, buat folder misalkan web lalu lakukan langkah ekstrak atau paste tadi.

Buka file index.php yang ada di folder htdocs. Ubah 'xampp' dengan nama folder yang anda buat tadi yaitu 'web'. Hal ini berfungsi agar memudahkan dalam meload halaman website.

Buka kembali browser Anda buka localhost/phpmyadmin. Buat database baru misalkan 'web'. Lalu buka tab baru atau halaman baru. Ketikan IP address komputer Anda (dalam hal ini diasumsikan Anda telah tahu mengenai masalah IP Address). Nah sekarang muncul halaman Instalasi joomla.. Ikuti langkah-langkah instalasi (mudah koq). Oh ya secara default database MySql memiliki username root dan tanpa password jika anda mau memiliki keamanan yang lebih silahkan pelajari cara memproteksi Database MySql dan phpmyadmin.

Jika telah selesai, hapus folder instalasi (ini cuma ngingetin aja coz sebenarnya setelah instalasi Anda pun diperingatkan untuk mengpausnya..) Lalu ketikan kembali di Addres bar ip komputer Anda. Sekarang Anda telah siap mengelola website...

(jika ada pertanyaan boleh langsung ke aruhadi@gmail.com atau ke email di intranet)..

13.8.08

JUJUR ITU....

Ah...Prajab sudah berlalu dengan mulus (Alhamdulillah). Subhanallah, Pangkalpinang i'm come back....!!!!

Singkat cerita, sore kemarin ane nonton film naruto di globaltv - masalahnya ga ada tontonan menarik lainnya yang lebih bermutu. Jadi musti nelen sendiri BT-nya..tapi keadaan berubah waktu ka Defri datang.

Alhamdulillah ternyata k Defri mengajak ane ke Al-Furqon. Tahu nggak ? dari namanya saja itu pasti nama masjid. Yup malem ini ada jadwal 'bahsul kutub' maksudnya membahas kitab seperti kitab-kitab fiqih, hadits dll. Yang membawakannya g usah diragukan lagi beliau ust. Shalahuddin, LC (afwan y ustadz kalo salah namanya).

Nah ada hal menarik yang beliau katakan (rasanya ane pernah denger tuh.. pada minggu kemarin).. Beliau membahas hadits pada kitab Riyyadush Shalihin (bener g sih nulisnya??) berkenaan dengan masalah "JUJUR".

Orang yang JUJUR itu salah satu cirinya adalah ikhlas... tapi.... orang yang ikhlas belum tentu jujur. Jujur itu menurut salafush shalih artinya kesesuaian apa yang tampak dengan yang tidak tampak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...