31.1.10

Solved: cannot locate the microsoft visual foxpro support library

Kejadian ini dialami oleh pegawai di tempat saya bekerja. Karena komputernya nge-restart melulu, plus lagi males kutak-katik, akhirnya saya install ulang (restore to the factory state), alhamdulillah sekarang windowsnya lancar. Tapi ada satu masalah ketika dia menjalankan aplikasi TKPKN yang berbasis foxpro, muncul popup yang isinya "cannot locate the microsoft visual foxpro support library". Anehnya koq cuma aplikasi ini yang error seperti itu, padahal aplikasi yang berbasis foxpro lainnya berjalan normal-normal saja.

Singkat mikir, ooo..paling harus istall visual foxpro nih - baj** :(. Lalu saya install Visual Foxpro (VF) 9.0, dan jreng popup yang isinya "cannot locate the microsoft visual foxpro support library" tidak kunjung menghilang.

Saya ingat-ingat lagi sebelumnya nggak ada tuh harus install VF, ini terlihat dari backup data Program Files-nya, pasti ada file pembantu yang hilang (apa coba...??).

Setelah berhari-hari tanya om google, dapetlah satu 'clue' , yaitu "aplikasi yang dibangun diatas VF membutuhkan library VF yang sesuai versinya."

Masalahnya aplikasi TKPKN ini dibangun diatas VF berapa ya? Saya mencoba klik kanan pada file exe-nya, tetapi tidak ada informasi apa pun. Tenang pasti ada 'clue' lainnya, dan alhamdulillah saya menemukan versi VF aplikasi ini di folder setup-nya pada file SETUP.ini. Disana ada tertulis beberapa baris dengan awalan vfp6. He..he...ketahuan deh , yupz itu VF versi 6.

Karena udah malem plus ngantuk berat akhirnya saya tertidur. zzzzzzz

Paginya sesuai informasi di file SETUP.ini, saya coba search 2 file berikut:
  • vfp6renu.dll
  • vfp6r.dll
Saya menemukan site yang tepat untuk mendapatkan file-file ini di www.dlldll.com. Kita hanya perlu masukan nama file yang dicari, kemudian tekan enter, klik download - masukan kode capcha/verifikasi - tekan enter.

Selesai download, terus diapain tuh file?

Kalo merujuk pada forum-forum yang membahas error ini (cannot locate the microsoft visual foxpro support library -blog), maka kita harus meletakan file ini di 'C:\WINDOWS\system' atau 'C:\WINDOWS\system32' atau di folder aplikasi-nya (dalam kasus ini adalah folder aplikasi TKPKN).

Yang saya lakukan (masih coba-coba ^^) adalah dengan meletakan kedua file dll tadi di 'C:\WINDOWS\system32' dan hasilnya aplikasi TKPKN bisa dijalankan (duh senengnya...), alhamdulillah.

Masih dengan coba-coba, saya 'cut' kedua file .dll diatas dan memindahkannya ke folder aplikasi TKPKN, dan alhamdulillah aplikasi tetap berjalan normal.

Akhirnya dengan pertimbangan kemudahan, saya biarkan saja tuh file .dll didalam folder aplikasi TKPKN nya, jadi kalau nanti windownya diinstall ulang kan gak usah repot-repot meng-copy dua file tadi ke 'C:\WINDOWS\system32'.

----jangan pernah menyerah, karena setelah kesulitan pasti ada kemudahan dan setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan, semoga bermanfaat ----

6 comments :

Unknown said...

Mas Arulhadi....

Thanks beratttttssss....
Solusi anda sangat bermanfaat sekali bagi IT support seperti saya (harus mengurusi networking,programming,hardware/software pokoknya multitasking ) secara saya belum menguasai sepenuhnya bahasa veteran "foxpro" :D

Sekali lagi, sharing ilmu anda tidak sia-sia.....membantu umat manusia di dunia...khususnya seperti saya ini :D


Ok deh kalau begitu....saya tunggu sharing ilmu anda yg lainnya.

(MC)

Unknown said...

Sama-sama mas white, saya juga masih banyak belajar. Tapi koq link mas white nya gak ada ya :D.

-- Belajar itu tak berkesudahan --

willykl said...

Wahh..
makasihh banyakkkkk!!
terutama alamat dlldll.com-nya.
terus saya tahu kalo taruh di folder yang sama bisa menyelesaikan masalah ini. Terima kasih sudah susah payah mencoba dan posting ini yaa!

Unknown said...

Makasihhh broo,..
gue pandu hadi winata
dulunya pernah magang di PT.SAIN di suruh mengupdate program foxpro veri dos ke gui... tapi stelah saya update jadi versi gui dan membuat installer
saya coba di kompie lain tapi tak bisa berjalan dan muncul tulisan "cannot locate the microsoft visual foxpro support library" setelah itu saya cari lwat googling dan menemukan pencerahan nya

thankkss banget bro,.. sbagai ssama orang IT
gue salut bangettss :D

bagong said...

matur suwun sanget mas,.. sharingnya sangat bermanfaat

ran meili said...

thanks sharenya,abis menemui kesulitan pada aplikasi yg sama pas dipindah ke windows 7 :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...