12.12.09

Symantec Endpoint Protection 11 : komunikasi Server & Client

Space hardisk (HDD) server antivirus di kantor tempat aku kerja udah diatas batas normal, tanda HDD full dan perlu "disk clean up" sering muncul. Nanya ke orang pusat malah disuruh konsultasi ke bagian yang intinya mungkin nyambung tapi pasti prosesnya belibet.

Cek punya cek ternyata ini akibat data pada folder symantec terutama di folder inetpub-nya. Setelah "googling", alhamdulillah saya menemukan tutorial untuk mengurangi beban "space" hardisk dengan cara menghapus file2 di folder inetpub, namun akibatnya Server dan Client Symantec Endpoint Protection (SEPM) 11 malah gak bisa update lagi. Dari kejadian ini saya berpesan kepada Anda yang menggunakan SEPM 11 untuk tidak menghapus data di folder inetpub, karena akibatnya akan fatal ^^V.

Sudah dua minggu saya kebingungan karena server gak mau update. Akhirnya saya mencoba install ulang dan berhasil. Tapi koq clientnya gak mau update. Ternyata tidak ada hubungan antara server dan client, nggak ada koneksi sekali alias salah alamat. Makin pusing aja nih. Mau lapor ke pusat ntar disalahin deh kenapa install ulang tanpa ngasih tahu dulu (duuuh).

Dengan semangat 45 (lebay nih..he.he..) saya googling lagi kenapa server dan client gak mau konek. Dan alhamdulillah saya menemukan solusinya disini. Walaupun nggak ngerti2 amat, akhirnya tak cari tuh file Sylink.xml di sever (client package) dan di copy/replace ke folder C:\Program Files\Symantec\Symantec Endpoint Protection. Hasilnya luar biasa, alhamdulillah seneng banget deh pokoknya, karena ternyata server dan client kembali terhubung. Tentu saja udah bisa update lagi.

Semoga bermanfaat -- teruslah belajar, belajar dan belajar
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...