1.5.09

Mengembalikan Driver-Driver Koneksi Odbc Yg Hilang

Setelah error koneksi ODBC ‘126’. Muncul kembali permasalahan di komputer ku, yang lagi-lagi masalaha koneksi ODBC. Gimana nih..(pusing mode =ON).

Masalah ini muncul gara-gara saya menggunakan tools CCleaner untuk membersihkan komputer dari ’sampat’. Alih-alih membersihkan sampah eh tak tahunya registri driver-driver ODBC nya kehapus semua. Yang tetep tinggal yang oracle 10g, itu pun setelah saya install ulang oraclenya.

Masih penasaran, lalu saya install ulang Office 2007 dan alhamdulillah sebagian driver dari Officenya udah muncul lagi. Tapi yang driver dari microsoft gimana nih? Padahal yang saya perlukan banget yaitu ‘Microsoft ODBC for Oracle’.

Saya teringat dengan registry editor, saya coba-coba untuk mencari mungkin ada opsi yang bisa menyelesaikan masalah ini. Upz, subhanallah ternyata ada, saya menemukan menu ‘export’ registry. Kalo export ada berarti bisa import donk..ya..ya.. bisa..

Sekarang muncul pertanyaan saya, bisa nggak yah import registry ODBC-nya dari OS Windows server 2003. Kan OS yang saya pake Windows XP?

Lalu apa yang terjadi saudara-saudara?…..GOOOAAALLLLLLLLLLLLL..he..he… bukan itu, maksud saya ternyata bisa, alhamdulillah..

Ini langkah-langkahnya

1. Saya masuk ke Windows Server 2003 lalu mengetikan regedt32

Ada perintah lain yang sama seperti ‘regedit’ (tapi saya belum nyoba)

2. Kalo bener muncul tampilan gini

3. Pilih HCKEY_LOCAL_MACHINE-->SOFTWARE-->ODBC. Pastikan klik di ODBC kayak gambar dibawah ni..

4. Terus, pilih File --> export

5. Simpan (nama terserah), saya contohkan disini dengan ada-dech.reg

6. Selesai export, sekarang pindah ke komputer saya. Saya copy ada-dech.reg dari komputer server tadi. Lalu saya simpan di My Documents. Importnya lebih mudah, cukup menjalankan file ada-dech.reg tadi dengan cara double click.

7. Kalo muncul kayak gini pilih yes.

Lalu OK

8. Selesai..

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...