24.2.09

SSH is helpully

Beberapa waktu yang lalu, ane menginstalkan squid di server proxy kantor. Oh ya server ini menggunakan Fedora 8. Nggak tahu kenapa ane merasa langsung cocok sama distro ini, terutama kalo berhubungan dengan server. Mungkin dibanding saudaranya Fedora 9 ato Fedora 10, Fedora 8 lebih ringan dan jarang terjadi error/hang. Bahkan terasa lebih nyaman walau dibanding dengan adiknya Fedora 7. Ma'lum servernya diinstalin dektop manager juga. Padahal spek kompinya terbatas..

Setelah instalasi squid berhasil, muncul masalah ketika mati lampu. Saat server kembali dihidupkan koneksi internet error. Ternyata hal ini disebabkan oleh modem internet yang belum dihidupkan, sementara eth0 pada server proxy menggunakan DHCP. Secara otomatis eth0 tidak mendapatkan informasi IP dari modem. Alhasil ane harus merestart service network dengan perintah "service network restart" setelah terlebih dahulu menghidupkan modem internet yang lumayan jauh karena berbeda ruangan.

Ane sadar jika hal ini sering terjadi, maka ane mesti bolak-balik ke ruang modem untuk mengecek udah hidup atau belum modemnya lalu ke ruang server proxy untuk merestart service networknya. Duh..capenya..

Untunglah ane ingat tentang fitur SSH di GNU/Linux dari OC kanwil pada saat pelatihan pembuatan profile wajib pajak. Sehingga ane tidak perlu ke ruang server proxy untuk sekedar merestart service network-nya.

Berikutnya ane mencoba fitur VNC, Alhamdulillah ternyata berhasil. Ane bisa membuka dan mengoperasikan server procy dari komputer ane sendiri (windows) dengan bantuan aplikasi tightVNC.

Namun pernah suatu ketika ane nggak bisa meremote server tersebut. Setelah googling sana sini akhirnya ketahuan bahwa hal ini disebabkan oleh service iptables-nya aktif. Mungkin pas ane mencoba fitur NAT, lupa untuk men-disable service ini. Lagi-lagi SSh membantu ane, cukup login dengan SSH dari komputer ane ke server proxy, tinggal disable deh service iptables-nya. Dan tentunya remote desktopnya udah bisa dijalankan lagi..Alhamdulillah..

No comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...