22.11.08

Web Site di Intranet dengan CMS Joomla (2)

Beuh tulisan ini telatnya kebangetan ya. Tapi lebih baik ane tulis aja deh, sebagai catatan pengingat. Di tulisan sebelumnya, ane lupa menjelaskan lebih rinci masalah instalasi Joomla (di Intranet). Masalah yang muncul biasanya ketika kita meng-online-kan web. Ketika di buka dari komputer lain (LAN) hanya muncul teks saja dengan layout yang berantakan. Nah penyelesaiannya begini...

Di postingan sebelumnya, ane sudah menjelaskan kalo pada saat instalasi Joomla gunakan IP address. yup IP address. Ini dimaksudkan agar pada semua rujukan file request sudah otomatis ke alamat IP komputer yang dijadikan server web. Sehingga layoutnya nggak berantakan.

Bagaimana kalo kita terlanjur menginstalasi dengan mengetikan http://locahost ? nggak masalah yang penting kita tahu cara nya. Bukan begitu bukan?...he..he..

Oke caranya adalah dengan mengedit file configuration.php pada folder website kita. Misalkan nama folder website kita adalah 'WEB'. Nah didalam folder tersebut edit file configuration.php dengan notepad atau notepad++ atau text editor yang Anda gunakan. Cari kata 'localhost' lalu ganti dengan alamat ip komputer yang dijadikan serverweb.

Selesai.....Semoga bermanfaat..
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...