22.11.08

Instalasi Wordpress dan CMS lainnya di Intranet

Pe eR ini sebenarnya sudah lama, Sejak hari Ahad tanggal 28 September 2008 oleh temen maya prasetyaningyudi yang katanya "bingung mas kalo pake wordpress buat intranet antar jaringan bagaiamana caranya mas". Sebenarnya WordPress itu sama dengan Joomla dalam hal sama-sama CMS alias Content Management System. Ada banyak CMS lain yang bisa jadi pilihan yaitu PPHnuke, PostNUke, Drupal, etc.

Jadi sama saja mau menggunakan CMS manapun cara instalasinya seperti yang pada potingan sebelumnya. Intinya ketika akan melakukan instalasi CMS pastikan hal-hal berikut:
  1. WebServer Anda sudah aktif atau berjalan dengan baik, ada beberapa pilihan Webserver yang menurut ane mudah digunakan, ada wampserver, xampp (Windows) atau lamp (Unix/inux).
  2. Pastikan juga kita telah membuat database untuk database CMS, (gunakan phpmyadmin biar lebih mudah).
  3. Konfigurasi pada php.ini telah sesuai dengan yang diperlukan oleh CMS, biasanya pada halaman awal instalasi ada "peringatan" jika configurasi tidak sesuai kebutuhan CMS. Konfigurasi ini berbeda-beda pada setiap CMS, biasanya menyangkut "register gobal" dan "display error".
Nah kalo sudah terpenuhi, InsyaAllah proses instalasi dapat diakukan dengan lancar. Selamat berlatih dan belajar...SEMANGAT

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...