17.10.08

Portable Aplication - Pidgin

Semakin tingginya mobilitas manusia membuat banyak aplikasi yang sama diperlukan di berbagai tempat yang berbeda. Padahal konfigurasi aplikasi tersebut harus lah sama. Bagi yang berkantong tebal, mungkin telah mengenal istilah Laptop. Namun bagi mereka yang minim biaya, aplikasi yang ringan dan murah namun cukup bermanfaat sangatlah penting untuk membantu pekerjaan atau untuk sekedar bersenang-senang.

Nah.. Salah satu tren saat ini adalah "portable aplication" atau aplikasi yang siap dijalankan dimana saja tanpa harus di Install. Banyak yang komersial namun banyak juga yang berlabel free (syarat dan ketentuan berlaku) artinya kita bebas mendistribusikannya asalkan menjaga lisensi publik yang dibawanya.

Pidgin merupakan aplikasi Chat opensource dibawah naungan GPL. Pidgin adalah aplikasi instan untuk chatting yang dapat berjalan pada messaging Windows, Linux, BSD, dan Unix. Hebatnya kita bisa menggunakan berbagai messenger seperti AIM, ICQ, Jabber/XMPP, MSN Messenger, Yahoo!, Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Novell GroupWise Messenger, QQ, Lotus Sametime, SILC, SIMPLE, MySpaceIM, and Zephyr.

Ane sekarang menggunakan pidgin sebagai alat komunikasi antara teman sesama yahoo maupun sesama pegawai di kantor. Karena selain dapat digunakan di Internet, aplikasi ini pun berjalan dengan baik di Intranet. Sebagai tambahan ane menggunakan platform windows dan Ubuntu 8.04.1 Moeslim Edition, semuanya berjalan normal.

Bahkan sekarang handphone pun sudah bisa menggunakannya..Soalnya kemarin sore ane chat dengan teman di bandung. Pas ditanya pake aplikasi apa ternyata pidgin dan dia menggunakan HP.

Untuk menghiasi aplikasi portable di Flashdisk, Anda bisa mendapatkannya dengan mengunduh di sini
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...