21.10.08

Melihat data yang disembunyikan virus

Gimana perasaan Anda saat flasdisk (FD) atau storage Anda terkena virus. Lebih-lebih data penting yang Anda cari ternyata tidak ada seolah-olah sudah hilang, padahal Anda sangat memerlukannya. Hal ini terlihat dari data yang kosong dan hanya ada nama file Anda yang bentuknya mirip folder yang sebenarnya itu adalah fake atau tipuan virus agar dirinya terus di klik.
Tenang jangan panik ataupun tergesa-gesa memformat FD/storage Anda. Mari ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, jalankan komputer Anda. Sebelum muncul booting windows, tekan F8 beberapa kali. pilih opsi Safe Mode. Tujuannya agar virus tidak berjalan atau aktif.



Kedua, buka explorer dan lihat dulu kapasistas FD seperti gambar di sebelah kiri, caranya klik kanan pada start menu, pilih explore. Setelah Windows Explorer muncul, klik kanan pada drive FD/storage Anda lalu pilih propertis. Jika data Anda terhapus oleh virus, maka FD/Storage akan kosong atau berkurang datanya. Jika ternyata masih ada informasi kapasitasnya. Ini berarti file2 Anda tidak hilang hanya disembunyikan.

Ketiga, masih di jendela yang sama, buka Tool -> Folder Option.





Pada tab view pilih pada show hidden file and folder. Lalu hilangkan centang pada hide protected operating system files (Recomended). Jika muncul pertanyaan pilih "Yes". Klik Apply dan OK.Sekarang buka drive FD atau Storage Anda perhatikan file2 dan folder Anda ada disitu.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk mengambil data saja, bukan untuk membasmi virusnya. Langkah ini pun bisa Anda gunakan pada kasus FD atau Storage sudah di Scan dengan antivirus namun atribut file2nya tidak dikembalikan ke normal.

Segitu dulu aja, tutorial sederhananya. Kurang dan lebihnya mohon maaf.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...